Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

Menata Interior Rumah Type 21
Renovasi Kantor Jakarta Tel. 081281005602
December 18, 2017
Kontraktor Interior Hotel Jakarta
Kontraktor Interior Hotel Jakarta Tel. 081281005602
December 20, 2017

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri – Membangun rumah baru adalah kesempatan untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan juga kebutuhan rumah tangga.

Tapi dari rencana awal bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama bila menyangkut biaya. Jika sebelum membangun rumah, maka ada baiknya mengetahui dan mempelajari biaya yang terkait dengan bangunan rumah.

Dengan mengetahu dan menghitung biaya bangun rumah sendiri. Maka itu akan membantu Anda membuat keputusan anggaran yang tepat untuk dikeluarkan.

Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri

menghitung biaya bangun rumah sendiri

Biasanya, emilik rumah melaporkan biaya rata-rata untuk membangun rumah baru mencapai Rp. 250 juta rupiah.

Jika akan menempatkan rumah seluas 100 meter persegi dengan harga misalkan sekitar 1,5 juta lebih per meter persegi.

Jika dihitung 1,5 juta per meter persegi, maka biaya yang dikeluarkan dalam 100 meter persegi adalah 150juta. Itu hanya terhitung biaya konstruksi saja dan belum terhitung biaya-biaya lainnya juga aksesoris rumah, pagar, dll. tentunya kisarannya bisa 2 kali lipat.

Baca Juga: Cara Renovasi Rumah Murah Tanpa Utang.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membangun Rumah Sendiri

Sebelum membangun rumah, ada berapa hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar kelancaran membangun rumah dapat selesai dengan baik.

1. Sewa Kustomisasi

Sewa kustomisasi, atau lebih tepatnya jasa desain rumah. Ini sangat diperlukan.

Sebenarnya, memilih jasa desain gambar rumah bisa menghemat 15 persen biaya bangunan rumah. Hal ini bisa menurunkan pengeluaran, karena beberapa kontraktor mampu mempertimbangkan harga  yang tepat untuk pembangunan rumah.

Walaupun begitu, Anda harus tetap hati-hati memilih kontraktor bangun rumah. Carilah yan terpercaya.

Anda dapat menghubungi kami untuk menyewa Jasa Kontraktor Berpengalaman, Baca: Jasa Kontraktor Bangun Rumah Tel. 0812-8100-5602.

2. Mempertimbangkan Biaya Material dan Mesin

Bahan material rumah Anda merupakan bagian penting dalam menentukan biaya konstruksi Anda. Biaya bahan akan sangat bervariasi berdasarkan tipe dan ukuran rumah Anda.

Wilayah rumah Anda juga dapat mempengaruhi biaya bahan. Anda harus bisa memberi perkiraan berdasarkan desain gambar rumah Anda.

3. Biaya tenaga kerja / Tukang / Arsitek

Biaya tenaga kerja bervariasi sesuai dengan ukuran dan kompleksitas rumah Anda. Membangun Rumah besar akan memiliki biaya tenaga kerja lebih tinggi daripada rumah modular yang lebih kecil.

Penting untuk memperhitungkan biaya menyewa arsitek, tukang dan surveyor sesuai anggaran Anda juga. Biaya untuk menyewa arsitek dan insinyur juga akan bervariasi berdasarkan lokasi.

Arsitek – Rp. 50.000 – Rp. 80.000 / hari
Tukang – Rp. 150.000 / hari
Surveyor Tanah – Rp. 1.000.000 – Rp. 4.000.000,-

Perkiraan biaya bangun rumah sendiri

Berikut adalah perkiraan menghitung biaya bangun rumah sendiri yang terkait dengan setiap bagian konstruksi rumah Anda:

1. Pondasi: Rp. 40 juta sampai Rp. 120 juta.

Menggali dan mengisi kembali untuk membuat pondasi Anda membutuhkan biaya jutaan. Beberapa rumah juga membutuhkan dinding penahan dan lansekap tambahan untuk menghilangkan banjir atau masalah yang merusak pondasi lainnya. Pekerjaan tambahan bisa meningkatkan biaya ini.

2. Framing: Rp. 15 juta sampai Rp. 30juta

Membuat Framing rumah Anda akan menentukan ukuran dan lokasi kamar dan fitur penting lainnya seperti atap. Biaya pembingkaian mencakup kerangka keseluruhan rumah, serta rangka dan pekerjaan logam umum.

3. Finishing Eksterior: Rp. 50 juta – Rp. 120 juta

Finishing eksterior meliputi dinding luar, atap dan penambahan jendela dan pintu. Jumlah dan jenis finishing eksterior, jendela dan pintu akan mempengaruhi harga ini.

4. Instalasi sistem utama: Rp. 20 juta – Rp. 30 juta

Pipa, listrik dan HVAC terdiri dari sebagian besar biaya sistem utama Anda. Ukuran dan jenis sistem dapat mempengaruhi harga instalasi ini.

5. Interior finishing: diatas Rp. 85.000

Interior finishing menambah kenyamanan rumah bagi bangunan baru Anda. Ini bisa meliputi isolasi, drywall, trim interior, pengecatan, pencahayaan, peralatan, lantai dan perlengkapan pipa untuk taman.

Baca Juga: JasaModel Rumah Minimalis 2 Lantai Sederhana.

Rincian akhir

Langkah terakhir dari konstruksi rumah Anda akan mempersiapkannya untuk pembangunan. Pembaruan terakhir ini mencakup lansekap, geladak, teras, jalan masuk dan pembersihan.

Faktor Tambahan yang Mempengaruhi Biaya

Seperti yang di informasikan oleh www.homeadvisor.com Banyak faktor yang mempengaruhi biaya akhir rumah. Berikut adalah beberapa faktor tambahan yang akan meningkatkan biaya Rumah Anda:

1. Tanah dan Penggalian

Mempersiapkan tanah untuk konstruksi merupakan langkah awal yang penting, dan harganya bisa bervariasi. Dalam kebanyakan perkembangannya, lahannya sudah siap untuk dibangun.

Jika Anda membeli lokasi Anda sendiri, Anda mungkin harus menyewa seorang profesional untuk membersihkan dan menggali.

2. Ukuran

Rumah dengan ukuran persegi yang lebih besar akan menghabiskan biaya lebih dari rumah yang lebih kecil.

3. Bentuk

Semakin banyak sudut rumah maka semakin banyak biaya. Bentuk yang tidak biasa lebih sering ditemukan pada desain custom.

4. Jenis Atap

Biaya instalasi dan pemeliharaan atap khusus akan memakan biaya lebih besar. Ini adalah area di mana daya tahan atap harus mengalahkan masalah lainnya.

5. Perlengkapan Tambahan

Perlengkapan dapat mempengaruhi biaya rumah. Meja granit dan ubin lantai marmer merupakan pilihan biaya yang besar. Sebagian besar kontraktor profesional dapat merekomendasikan bahan dan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan estetika dan anggaran Anda.

Fitur Desain Pools, outdoor kitchen dan large deck adalah fitur desain yang umum. Meskipun hal ini dapat meningkatkan nilai dan estetika rumah Anda, namun juga dapat mempengaruhi biaya konstruksi. Desain tambahan bisa meningkatkan biaya perawatan rumah anda juga.

Dengan mempelajari dan menghitung biaya bangun rumah sendiri. Dapat Anda antisipasi pengeluaran yang semakin besar dan persiapan pembangunan yang lebih baik.

Summary
Review Date
Reviewed Item
RECOMENDED
Author Rating
51star1star1star1star1star
%d bloggers like this: